Baking with Blender

Haruskah "memanggang" map? Mengapa?

Tujuannya untuk apa ya? Agar kita mengetahui tujuannya cobalah membuat objek dengan dua versi, dengan dan tidak dengan memanggang. Kemudian perhatikan dan temukan perbedaannya!
















Bake atau memanggang tujuannya menciptakan bagian-bagian gelap pada objek sehingga berkesan "realistis" karena seolah ada efek cahaya. Sementara dengan tidak bake maka benda akan terlihat apa adanya tanpa ada bagian bayangan sehingga kurang "hidup", seolah tidak menyatu dengan game.

Baiklah, langkah pertama bukalah blender kamu dan bagi layar blender menjadi dua, bagian kanan untuk map-nya, dan bagian kiri untuk view objek yang kita ambil bake-nya. Sesuaikan menjadi seperti gambar berikut.

Impor file .obj yang sudah dimapping, saya impor sofa saya. Kemudian klik objek, tekan tab, kalau kamu mengerjakannya dengan benar maka akan muncul gambar map objek yang akan di-baking. Klik image di deretan toolbar menu bagian bawah. Pilih "new", dan pilih ukuran yang sesuai dengan objek. Dari yang terkecil ke yang terbesar, 128x128, 512x512, 1024x1024. Untuk objek sekecil buku 128 x 128 adalah ukuran yang sesuai. 512x512 sesuai untuk ukuran objek meja persegi, kalau memanjang maka 512x1024. Sofa saya berukuran 512x1024.
Nah, langkah berikutnya sesuaikan sedikit pengaturan pada menu-menu bar sebelah kanan. Klik ikon bola dunia. Ubah angka di bagian Ambient Occlusion menjadi 0.75,  Lighting Environtment menjadi 0.755, dan samples menjadi 13. Mungkin beberapa creator mempunyai perbedaan angka, tidak masalah, saya lebih cocok dengan angka tersebut.
Kemudian, klik ikon kamera, scrolling mouse ke bawah hingga menemukan toolbar bake. Klik dan akan menambah menu baru, pilih bake mode, klik Ambient Occlusion. Sip. Klik BAKE! Tunggulah objek kamu dipanggang oleh blender beberapa detik, jika selesai maka akan tampak 80% map berwarna abu-abu, sedangkan sisa bagian berwarna gelap bahkan hitam. Berikut di samping adalah contoh hasilnya.

Well, langkah terakhir klik "image" pada menu bar bawah, pilih "save as" dan beri nama dengan ekstention file .png

Selesai ^^

Comments

Popular Posts