Baking with Blender
Haruskah "memanggang" map? Mengapa?
Tujuannya untuk apa ya? Agar kita mengetahui tujuannya cobalah membuat objek dengan dua versi, dengan dan tidak dengan memanggang. Kemudian perhatikan dan temukan perbedaannya!
Bake atau memanggang tujuannya menciptakan bagian-bagian gelap pada objek sehingga berkesan "realistis" karena seolah ada efek cahaya. Sementara dengan tidak bake maka benda akan terlihat apa adanya tanpa ada bagian bayangan sehingga kurang "hidup", seolah tidak menyatu dengan game.
Baiklah, langkah pertama bukalah blender kamu dan bagi layar blender menjadi dua, bagian kanan untuk map-nya, dan bagian kiri untuk view objek yang kita ambil bake-nya. Sesuaikan menjadi seperti gambar berikut.
Nah, langkah berikutnya sesuaikan sedikit pengaturan pada menu-menu bar sebelah kanan. Klik ikon bola dunia. Ubah angka di bagian Ambient Occlusion menjadi 0.75, Lighting Environtment menjadi 0.755, dan samples menjadi 13. Mungkin beberapa creator mempunyai perbedaan angka, tidak masalah, saya lebih cocok dengan angka tersebut.
Well, langkah terakhir klik "image" pada menu bar bawah, pilih "save as" dan beri nama dengan ekstention file .png
Selesai ^^
Comments
Post a Comment